SOAL B.INDO 2

1. Berikut ini merupakan rangkaian struktur teks anekdot yang benar adalah ....
A. abstrak, orientasi, reaksi, krisis, koda 
B. abstrak, krisis, reaksi, koda, orientasi
C. abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda
D. abstraksi, reaksi, krisis, orientasi, simpulan
E. abstraksi, komplikasi, reaksi, orientasi, koda

2. Perbedaan yang mendasar teks anekdot dan teks cerpen terletak pada ….
A. alurnya
B. temanya
C. pelakunya
D. bentuknya
E. kelucuannya

Bacalah teks anekdot di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 3, 4 dan 5 !
Iman D. Nugroho, wartawan Jakarta Post, sesumbar bahwa dia tidak akan membiarkan anak pertamanya memakai jilbab, “Dengan alasan apa pun!”(1)
Ustad Maulana yang kebetulan ada di sampingnya langsung beringsut tampak tidak terima. terlihat benar kalau sebal dan marah,(2)
“Memang kenapa?”(3)
Iman menarik nafas panjang, katanya..“Karena anakku cowok”.(4)
Ustad Maulana pun langsung senyum malu. (5)
3. Berdasarkan strukturnya, bagian orientasi dan reaksi teks anekdot di atas terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (1) dan (5)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (5)

4. Sudut pandang yang digunakan dalam teks anekdot di atas adalah ….
A. orang ketiga terbatas
B. orang ketiga serba tahu
C. orang pertama dan ketiga
D. orang pertama tokoh utama
E. orang pertama tokoh tambahan

5. Penulisan kata yang tidak baku berdasarkan contoh teks anekdot di atas adalah ….
A. nafas
B. sebal
C. jilbab
D. cowok
E. beringsut


6. Berikut ini yang bukan termasuk ciri kaidah kebahasaan teks anekdot adalah …. 
A. teks berbentuk narasi
B. mengandung nilai moral
C. tokohnya bersifat faktual
D. menggunakan bahasa ilmiah
E. terdapat masalah yang dikritik

Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 7, 8 dan 9 !
KUHP
Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada Pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,!” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak .....!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan Pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?”. Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak.....!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
7. Maksud istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks anekdot tersebut adalah ...
A. Setiap perkara dikenai biaya.
B. Setiap perkara tidak dapat diuangkan.
C. Setiap perkara tidak dapat diselesaikan
D. Setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang.
E. Setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang.

8. Kritik tersirat berdasarkan iliustrasi teks anekdot di atas ditujukan kepada ….
A. guru
B. polisi
C. dokter
D. presiden
E. pedagang kaki lima 

9. Dianalisis berdasarkan strukturnya, penggalan kalimat Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal. terdapat pada bagian ….
A. koda
B. penutup
C. simpulan
D. penyelesaian
E. penegasan ulang

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10, 11 dan 12 !
Albert Einstein : “Mengapa bebek-bebek suka menyeberangi jalan raya?”
Newton : “ Bebek-bebek yang suka berdiam diri cenderung akan berdiam terus, termasuk mereka yang selalu senang menyeberangi jalan raya itu.”
Albert Einstein : “Saya kira tidak begitu. Apakah bebek-bebek yang menyeberangi jalan raya atau jalan raya yang menyeberangi bebek-bebek? Saya kira hal itu bergantung pada cara kita memandangnya alias sesuai dengan hukum relativitas.”
10. Tokoh yang melatarbelakangi anekdot di atas adalah ….
A. polikus
B. seniman
C. ilmuwan
D. agamawan
E. sejarahwan

11. Aspek masalah yang mendasari pembahasan teks anekdot di atas adalah …
A. Penyederhanaan suatu peristiwa.
B. Pemutusan tokoh-tokoh ternama.
C. Pengilmiahan sesuatu yang tidak ilmiah.
D. Analisis yang tidak masuk akal dan asal-asalan.
E. Pertentangan dua tokoh yang berbeda pendapat.

12. Amanat yang ingin disampaikan melalui teks anekdot tersebut adalah …
A. Semua orang memiliki pendirian yang berbeda.
B. Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain.
C. Segala peristiwa dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
D. Tiap sudut pandang memiliki kebenarannya masing-masing.
E. Segala sesuatu tidak bisa dijelaskan hanya dengan logika keilmuwan.

13. Bagian yang tidak boleh dihilangkan dari teks anekdot adalah ….
A. model tulisan
B. tokoh dan alurnya
C. kelucuan dan nilai didiknya.
D. panjang cerita dan nilai moral
E. gaya bercerita yang menghibur

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15 !
Sewaktu kecil aku memang sedikit bandel. Kira-kira, waktu aku duduk di bangku SD, bersama sepupu, aku bermain di kolam. Kebetulan, tempatnya tidak jauh dari rumah. Sesampainya di sana, kami saling bercanda dengan menyemprotkan air ke tubuh kami masing-masing. Ketika sepupuku lagi lengah, aku bermaksud ingin mengagetkan dia dengan mendorong badannya masuk ke kolam. Ternyata doronganku itu terlalu kencang, hingga dia kehilangan keseimbangan saat kakinya terpeleset. BRUK! Dia terguling dan kepalanya terbentur batu. Aku terpengarah melihat darah yang mengalir di bagian kepala sepupuku. Sejak kejadian itulah, aku trauma bermain di kolam.
14. Teks tersebut tidak termasuk kategori sebagai teks anekdot karena ….
A. merupakan cerita faktual.
B. mengandung peristiwa dan tokoh.
C. bersifat lugas tanpa pelajaran tertentu.
D. Disajikan dalam bentuk laporan perjalanan.
E. Tidak ada unsur humor dan sindiran-sindiran.

15. Teks tersebut lebih tepat jika digolongan ke dalam jenis ….
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. negosiasi
E. argumentasi

16. Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama !
Suatu hari, Aziz dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil. Saat itu, malam hari dan hujan turun dengan lebat. Sial bagi Aziz, lampu depan mobilnya padam. karena tidak ada penerangan yang cukup, Aziz mengikuti mobil depannya. Tiba-tiba, mobil yang diikuti Aziz mendadak berhenti, dan mengakibatkan Aziz menabrak mobil tersebut.
Aziz : “Ini bukan salah saya, salah kamu yang berhenti mendadak !” (sambil menantang)
Sopir : “Itu jelas salahmu !”
Aziz : “Kok bisa, jelas-jelas kamu yang berhenti mendadak !” (masih dengan nada menantang)
Sopir : “Kau kira ini di mana ? Di sini kan garasi rumahku
Nilai didik dari cuplikan teks anekdot di atas adalah ….
A. seseorang harus kritis
B. semua orang tidak boleh marah
C. kita harus berjuang sampai darah penghabisan
D. jangan lekas marah kepada orang jika belum tahu persoalan yang sebenarnya.
E. Seseorang tidak boleh emosi dalam menanggapi persolan yang sedang dihadapi.

17. karakteristik dalam teks teks anekdot yang merupakan penanda waktu adalah ….
A. terdapat tokoh yang faktual
B. penggunaan konjungsi temporal
C. mengandung pertanyaan yang retorik
D. menggunakan gaya bahasa yang sederhana
E. mengkritisi objek permasalahan yang sesuai kenyataan

18. Di bawah ini yang merupakan struktur dari teks eksposisi adalah ….
A. pernyataan ide, alasan, penegasan ulang
B. pernyataan pendapat (tesis), contoh, simpulan
C. pernyataan, contoh-contoh, pertanyaan-pertanyaan
D. pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, penegasan ulang
E. Pernyataan pendapat (tesis), penjelasan-penjelasan, contoh-contoh

19. Teks eksposisi memberikan pengetahuan atau wawasan mengenai topik tertentu, penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi bersifat ....
A. faktual
B. objektif
C. edukatif
D. sistematis
E. informatif

20. Pernyataan yang menunjukkan sudut pandang penulis terhadap persoalan atau isu tentang topik tertentu dinamakan …
A. tesis
B. abstrak
C. argumen
D. penegasan ulang
E. pernyataan umum

21. Teks eksposisi yang berisi pengelompokan ke dalam kategori tertentu, disebut eksposisi ….
A. berita
B. proses
C. analisis
D. ilustrasi
E. klasifikasi

Bacalah teks eksposisi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 22 sampai 24 !
(1) Lingkungan Bersih Hidup Sehat
(2) Lingkungan bersih mempunyai arti lingkungan yang jauh dari kondisi yang menimbulkan penyakit. Lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat. (3) Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam hidup sehat, (4) berikut beberapa cara mewujudkan “Lingkungan Bersih Hidup Sehat” :
1) Bersihkan lantai secara rutin.            ---
2) Hindari genangan air.                           -
3) Buatlah ventilasi dan ruang cahaya      -->  (5)
4) Lakukanlah kerja bakti.                        -
5) Perbanyak tumbuhan hijau                ---
22. Berdasarkan strukturnya, bagian tesis ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

23. Struktur teks eksposisi yang tidak terdapat pada teks tersebut adalah ….
A. penjelasan
B. argumentasi
C. pernyataan ide
D. contoh-contoh
E. penegasan ulang

24. Penggolongan teks eksposisi di atas termasuk eksposisi …
A. proses
B. analisis
C. ilustrasi
D. klasifikasi
E. perbandingan

25. Arti kata ventilasi yang terdapat pada teks eksposisi di atas adalah ….
A. tempat pertukaran udara
B. tempat pertukaran cahaya
C. tempat pembuangan limbah
D. sarana tempat pertukaran air
E. tempat menyalakan percikan api

26. Bacalah teks eksposisi berikut ini!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks eksposisi tersebut adalah tentang siklus …
A. peresapan air
B. terjadinya laut
C. pembentukan es
D. terjadinya hujan
E. penggumpalan awan

27. Dianalisis berdasarkan isi, penggolongan teks eksposisi yang terdapat pada nomor 26 di atas termasuk jenis eksposisi ….
A. analisis
B. ilustrasi
C. klasifikasi
D. pertentangan
E. perbandingan

Bacalah teks eksposisi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 28 dan 29 !
Pernyataan prof. jaka widada bahwa peristiwa umbal balik merupakan gejala alam biasa yang terjadi jika penurunan suhu lapisan air permukaan lebih rendah dari suhu lapisan air di bawahnya. Hal itu mengakibatkan berat jenis air permukaan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan lapisan air di bawahnya sehingga terjadi peristiwa umbal balik massa air lapisan atas turun ke bawah berganti tempat dengan massa air lapisan bawah yang pindah ke atas.
28. Dari teks di atas, penulisan nama dan gelar yang benar adalah ….
A. Prof. Jaka widada
B. Prof, Jaka Widada
C. Prof. Jaka Widada
D. prof. Jaka widada
E. professor Jaka widada

29. Ditelaah dari segi isi, teks eksposisi di atas bertema ….
A. ilmu sosial
B. ilmu politik
C. ilmu ekonomi
D. ilmu kesehatan
E. ilmu pengetahuan

30. Bacalah secara saksama!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. (............. ) jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
C. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi.
D. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecokelatan.
E. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.

31. Cermatilah paragraf acak berikut!
Tata cara makan di restoran:
1) Makan dengan santai
2) Meminta struk pembayaran kepada pelayan
3) Duduk pada tempat yang diinginkan
4) Pesan menu favorit
5) Menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran
6) Membayar makanan
7) Ke luar restoran
Urutan yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ....
A. 1-2-4-5-3-6-7
B. 2-5-6-4-1-6-7
C. 3-4-1-2-5-6-7
D. 3-1-2-5-4-6-7
E. 5-3-4-1-2-6-7

32. Bacalah secara cermat!
Membersihkan kaca jendela juga ada seninya. Jangan mengusap-usap lap secara berputar-putar. Usahakan mengelapnya dengan gerakan dari atas ke bawah. Kalau perlu diulangi secara sistematis dari kiri ke kanan.
Hal yang tidak dikemukakan dalam teks adalah …
A. Membersihkan kaca jendela juga ada seninya.
B. Usahakan mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah.
C. Mengelap kaca jendela boleh juga dilakukan dari kiri ke kanan.
D. Jangan mengusapkan lap ke kaca jendela dengan cara berputar-putar.
E. Membersihkan kaca dengan gerakan atas ke bawah dan diulang-ulang.

33. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut!
Yang dimaksud Upah Minumum Regional adalah standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya.
Dianalisis berdasarkan isinya, penggalan teks di atas merupakan contoh eksposisi ….
A. definisi
B. ilustrasi
C. klasifikasi
D. pertentangan
E. perbandingan

34. Teks eksposisi berita sering ditemukan dalam media ….
A. iklan dan buku
B. koran dan internet
C. wacana dan diskusi
D. khotbah dan wawancara
E. penggunaan obat dan petunjuk kerja

35. Di bawah ini merupakan struktur teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ….
A. definsi, tesis, argumen
B. aspek, konjungsi, definisi
C. pernyataan umum, hasil pengamatan
D. aspek yang dilaporkan (deskripsi), definisi
E. definisi, pendapat tentang hasil pengamatan

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 36 dan 37!
Apabila Anda mengamati komunitas semut di sekitar Anda, jangan heran Anda menemukan beraneka spesies hidup dalam area yang relatif sempit. Sebagian besar semut berukuran kecil, yaitu dengan panjang kurang dari 5 mm. Dengan tubuh kecil ini, sumber daya yang diperlukan untuk bertahan relatif kecil pula. Dengan demikian, lebih banyak populasi semut dapat bertahan hidup dalam daerah sempit dibandingkan dengan hewan-hewan yang berukuran lebih besar.
36. Penggalan bacaan di atas merupakan contoh dari teks ….
A. berita
B. deskipsi
C. penelitian
D. hasil supervisi
E. hasil observasi

37. Perbedaan utama antara laporan hasil observasi dan laporan penelitian terletak pada ….
A. fungsi datanya
B. Bidang ilmunya
C. bidang ruangnya
D. bentuk instrumennya
E. waktu pelaksanaanya.

38.
Kebersihan kelas banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa merasa betah melakukan pembelajaran. Tidak ada lagi gangguan KBM akibat kelas yang kotor. Di kelas yang bersih itu guru dan murid akan terhindar serangan virus atau kuman penyakit yang suka di tempat-tempat yang kotor. Dengan demikian mereka akan mendapat rahmat dari Tuhan karena menjaga kebersihan itu termasuk sebagian dari iman.
Teks laporan hasil observasi di atas isinya tentang …
A. Meyakinkan pembaca agar hidup bersih.
B. Klasifikasi tentang akibat kelas yang bersih.
C. Melukiskan betapa indahnya kelas yang bersih.
D. Menjelaskan beberapa manfaat kebersihan kelas.
E. Memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih.

39. Kata dasar “klasifikasi” dapat dibentuk menjadi: mengklasifikasikan, diklasifikasikan, pengklasifikasian,

Dari contoh di atas imbuhan yang dapat membentuk kata benda/nomina adalah ….
A. me –
B. – kan
C. pe – an
D. di – kan
E. me – kan

40. Bagian yang harus ada dalam teks laporan hasil observasi adalah ….
A./definisi objek
B. format khusus
C. model tulisannya
D. gaya penulisannya
E. panjang laporannya

41. Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi adalah data atau grafik untuk membentuk kalimat konkret. Di bawah ini yang termasuk contoh penggunaan data/grafik adalah …
A. Mengapa kamu datang terlambat ?
B. Mari kita berlatih membuat teks laporan hasil observasi.
C. Sebanyak 40 persen siswa mempunyai minat baca rendah.
D. Teks laporan hasil observasi memang perlu dibaca agar member nilai tambah.
E. Sekaranglah saatnya belajar membuat teks laporan hasil observasi yang efektif.

Bacalah teks hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 42 sampai 44 !
Ternyata, hewan yang bernama semut (Ant) ada juga memiliki sengatan yang berbahaya. Meskipun bentuknya tidak seberapa besar, akibat yang dihasilkan sangat fatal. Semut ini bernama Captotermes Formosanus Shiraki, yaitu sejenis semut perang dan sering juga menjadi hama tanaman. Bentuk semut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit berwarna kemerahan.
42. Dilihat dari strukturnya, pengagalan teks laporan tersebut terdapat pada bagian ….
A. objek observasi
B. pernyataan umum
C. kalimat penjelasan
D. kalimat argumentasi
E. aspek yang dilaporkan

43. Abstraksi atau ringkasan dari teks laporan hasil observasi di atas adalah …
A. Semut ada bermacam-macam jenis.
B. Semut bukan binatang abstrak dan tidak berbahaya.
C. Marilah berguru pada semut Captotermes Formosanus Shiraki.
D. Semut Captotermes Formosanus Shiraki merupakan semut perang yang sangat berbahaya.
E. Teks laporan observasi tersebut menjelaskan bagian dari semut Captotermes Formosanus Shiraki.

44. Semut ini bernama Captotermes Formosanus Shiraki, yaitu sejenis semut perang dan sering juga menjadi hama tanaman. Kalimat tersebut menunjukkan ciri kebahasaan dari teks hasil observasi yaitu adanya penggunakan ….
A. data analisis
B. sumber fakta
C. kalimat rincian
D. kalimat definisi
E. kalimat penjelasan

45. Bentuk semut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit berwarna kemerahan. Kalimat ini berbentuk …. Sehingga cocok untuk menjelaskan hasil dari pengamatan.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah ….
A. bukti
B. aspek
C. bagian
D. definisi
E. deskripsi

46. Dalam struktur teks laporan hasil observasi, pernyataan umum ditulis pada bagian paragaraf….
A. awal
B. akhir
C. tengah
D. tidak tentu
E. awal dan akhir

47. Penulis bersikap apa adanya dalam menyampaikan hasil pengamatan, penjelasan tersebut merupakan maksud salah satu prinsip menulis laporan hasil observasi yaitu ….
A. jelas
B. objektif
C. sistematis
D. transparan
E. tepat waktu

48. Di bawah ini manakah yang merupakan tujuan dari teks laporan hasil observasi …
A. Menyajikan berita atau informasi teraktual dan terpercaya.
B. Memberikan pengertian dengan gaya penulisan singkat, akurat dan padat.
C. Untuk membuat pembaca percaya dan yakin terhadap teks informasi yang dibaca.
D. Menyampaikan informasi sesuai fakta sebagai hasil dari pengamatan yang disampaikan secara sistematis.
E. Untuk melukiskan suatu objek kepada pembaca agar pembaca dapat merasakan suasana, keadaan atau pun benda yang kita ceritakan.

49. Bacalah penggalan teks laporan pengamatan di bawah ini dengan saksama !
Rupanya kecepatan angin sangat memengaruhi volume suara kincir. Makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling kincir berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras.
Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan pengamatan di atas adalah ….
A. jenis-jenis kecepatan angin
B. pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin.
C. gesekan sumbu kincir sebagai akibat dari tiupan angin
D. tiupan angin yang dapat menyebabkan berputarnya kincir angin
E. hubungan antara kecepatan angin dengan perputaran kincir angin.

50. Cermati sistematika penulisan teks laporan hasil observasi berikut !
1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi laporan.
2. Melakukan pengamatan atau observasi lapangan dengan kriteria objek menarik yang dikuasai.
3. Mengembangkan yang telah disusun menjadi suatu teks secara padu.
4. Menyusun kerangka laporan dengan menomori topik-topik sesuai dengan urutan yang dikehendaki.
Urutan langkah-langkah menyusun teks Laporan Hasil Observasi di atas yang tepat adalah….
A. 1-2-3-4
B. 2-3-4-1
C. 2-1-4-3
D. 3-4-2-1
E. 4-3-2-1
Share:
spacer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar